Senin, 22 September 2014

Review Kuliah 16 September

Sore, sobat kreatip!
Hari ini, kami akan mengulas materi kuliah kami pada tanggal 16 September 2014 yang lalu.
Pada kuliah tersebut, kami mempelajari beberapa materi antara lain Creative Process & Sumber Munculnya Tantangan. Hasilnya seperti berikut.
Dalam berpikir kritis dan kreatif,kita tidak hanya serta merta berhadapan dengan suatu masalah dan menyelesaikannya. Kita perlu melalui hal – hal berikut:
1.       Search For the Challenge
Beranilah menantang diri sendiri, dengan memikirkan hal –hal tidak mengenakkan di sekitar Anda. Tumbuhkanlah kesadaran diri untuk mau merubah keadaan menjadi lebih baik.
2.      Express the Problem
Ketika berhasil menemukan masalah di sekitar, ungkapkanlah masalah tersebut secara jelas, agar Anda lebih mengetahui mengapa masalah tersebut harus diselesaikan.
3.       Investigate the Problem
Telitilah mengapa masalah tersebut begitu mengganggu Anda, dan apa dampaknya pada masyarakat. Pikirkan apa dampaknya jika hal tersebut dapat diubah agar kehidupan jadi lebih baik.
4.      Produce Ideas
Yang terakhir adalah ciptakan ide yang dapat memperbaiki kehidupan Anda. Jadikan hidu Anda bermakna dengan inovasi – inovasi berdampak positif bagi diri sendiri dan masyarakat.
                The last but not the least, jika suatu ide hanya diciptakan tetapi tidak dijalankan, akan menjadi tidak berguna. Walaupun tidak dibahas dalam kelas, Anda sendiri harus menjalankan ide tersebut agar menjadi kenyataan.
                Selain hal di atas, kami juga mendiskusikan ‘Dari mana tantangan berasal’. Hasilnya:
1.       Tujuan mulia dari masing – masing individu
2.      Rasa ingin tahu
3.       Sifat kompetitif dengan kelompok atau negara lain
4.      Pengalaman pribadi
5.      Sifat peduli terhadap kehidupan sesama
6.      Sifat tidak mudah puas dengan apa yang telah dicapai
7.       Mencari peluang
8.      Dan keinginan untuk keluar dari zona nyaman

Yap, sekian hal – hal yang kami dapat pada kuliah 16 September 2014. Pantengin terus blog kita ya, karena setiap harinya ada topik – topik menarik yang menambah wawasan sobat – sobat sekalian. Terim kasih dan sampai jumpa besok! Salam kreatip; Think Smart, Act Smart!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar